4+ Manfaat dan Kegunaan Handphone Yang Belum Banyak Diketahui

Mau pasang iklan di sini?
4+ Manfaat dan Kegunaan Handphone Yang Belum Banyak Diketahui

Saat ini, smartphone atau handphone pintar telah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan ponsel pintar ini. Seperti misalnya aktifitas chatting, bermain game, hingga belajar dan bekerja dapat dilakukan dengan memanfaatkan handphone.

Hal ini menjadi manfaat dan kegunaan handphone dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan, hanya dengan menggunakan satu buah perangkat smartphone dalam genggaman.

Sayangnya, kebanyakan pengguna smartphone hanya menggunakannya untuk aktifitas dalam media sosial saja. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Wajar jika aplikasi media sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram, atau Path memiliki pengguna yang cukup banyak dengan rate pemakaian yang sangat tinggi.

Memang, salah satu manfaat dari smartphone atau handphone yaitu memudahkan akses internet. Sebenarnya, ponsel pintar juga dapat memberikan keuntungan yang lebih dari hanya sekedar untuk aktifitas browsing atau bermain media sosial. Khususnya untuk kehidupan sehari-hari.

Dengan memanfaatkan smartphone dengan baik dan bijak, kita dapat meningkatkan produktifitas dalam pekerjaan atau belajar. Kali ini, Mobile Jempol akan membahas manfaat menggunakan HP yang belum banyak diketahui khususnya untuk dapat memaksimalkan penggunaan smartphone dalam bekerja atau belajar.

Manfaat HP yang paling utama

Manfaat utama handphone adalah komunikasi yang mudah. Handphone memungkinkan kalian untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega kalian dengan cepat dan efisien. Kalian dapat melakukan panggilan suara, mengirim pesan teks, atau menggunakan aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp dan Telegram.

Ada juga keuntungan menggunakan HP yaitu kemudahan mengakses informasi. Dengan akses internet yang dimiliki oleh sebagian besar handphone saat ini, kalian dapat dengan mudah mencari informasi terkini, membaca berita, dan menjelajahi dunia online.

Handphone juga menawarkan berbagai hiburan. Kalian dapat mendengarkan musik favorit kalian melalui aplikasi streaming musik seperti Spotify atau Apple Music. Kalian juga dapat menonton video di YouTube atau platform streaming lainnya. Banyak handphone saat ini dilengkapi dengan layar yang besar dan kualitas tampilan yang tinggi, memberikan pengalaman hiburan yang lebih baik.

Selain itu, handphone juga membantu dalam menjaga keamanan dan kebutuhan darurat. Kalian dapat menggunakan handphone untuk memanggil bantuan saat terjadi kecelakaan atau keadaan darurat. Beberapa handphone dilengkapi dengan fitur pemanggilan darurat yang dapat dengan cepat menghubungi nomor darurat yang telah ditentukan.

Fotografi dan Kreativitas

Handphone modern dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi yang memungkinkan kalian untuk mengambil foto dan merekam video dengan mudah. Kalian dapat mengabadikan momen berharga dan mengekspresikan kreativitas kalian melalui pengeditan foto dan video langsung di handphone.

Navigasi yang Akurat

Smartphone dilengkapi dengan fitur GPS yang memungkinkan kalian menemukan arah dengan mudah. Kalian dapat menggunakan aplikasi peta dan navigasi untuk mendapatkan petunjuk langkah demi langkah, menemukan tempat-tempat menarik di sekitar kalian, dan menghindari kemacetan.

Mengatur Jadwal Kegiatan

Mengatur Jadwal Kegiatan
Mengatur Jadwal Kegiatan

Salah satu manfaat dan kegunaan handphone adalah untuk membuat jadwal agenda atau acara kegiatan. Untuk kalian yang punya segudang kesibukan atau jadwal yang padat, memanfaatkan aplikasi kalender pada smartphone bisa jadi solusi ampuh. Kita dapat membuat jadwal kegiatan sehari-hari, membuat alarm atau pengingat, dan membuat jadwal bersama.

Beberapa aplikasi kalender juga dapat digunakan untuk sharing jadwal. Jadwal cukup dimasukkan oleh seseorang, banyak orang dapat mengetahuinya. Ini sangat bermanfaat untuk mereka yang beraktifitas secara kelompok semisal dalam perkuliahan.

Ketua kelas dapat memasukkan jadwal ujian atau info dosen tidak masuk, maka kalender anggota kelas dapat mensinkronkan dengan info tersebut. Satu hal kegunaan dari handphone yang sering terlupakan dalam aplikasi kalender yaitu fitur Reminder atau Alarm.

Banyak orang yang lupa untuk mengatur pengingat jadwal acaranya. Akibatnya, tidak sedikit orang yang terlambat, tidak tahu, atau bahkan terlupakan jika ada acara penting.

Selanjutnya, handphone berperan sebagai alat produktivitas yang penting. Dengan aplikasi kantor seperti Microsoft Office atau Google Docs, kalian dapat membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara mudah.

Memudahkan Pembayaran

Memudahkan Pembayaran
Memudahkan Pembayaran

Salah satu teknologi wireless atau nirkabel yang disematkan dalam ponsel pintar yaitu NFC (Near Field Communication). Secara sederhana, NFC merupakan teknologi untuk menyambungkan antar perangkat secara nirkabel, serupa dengan bluetooth dan infrared.

Selain untuk konektivitas, kegunaan NFC pada handphone juga dikembangkan untuk layanan micropayment. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan transaksi keuangan hanya dengan menggunakan ponsel pintar. Tentu saja, ponsel tersebut harus terhubung layanan perbankan atau jasa keuangan.

Untuk lebih jelas mengenai kegunaan NFC, kalian dapat membacanya pada artikel dengan judul Tren NFC pada HP yang Makin Populer (https://blog.smartcomputerindo.com/artikel/266)

Sinkronisasi dan Backup Data

Sinkronisasi dan Backup Data
Sinkronisasi dan Backup Data

Apa manfaat dari penggunaan handphone? Kegunaan HP dalam kehidupan sehari-hari lainnya yaitu sebagai media data Cloud. Cloud merupakan aplikasi untuk menghubungkan dengan layanan media penyimpanan secara online. Aplikasi media penyimpanan cloud yang umum digunakan biasanya DropBox, Google Drive, iCloud, dll.

Salah satu manfaat dari cloud adalah untuk backup data. Namun, kebanyakan pengguna smartphone menggunakan fitur cloud untuk membackup foto dari ponsel mereka. Selain backup data, masih ada kegunaan lain dari fitur cloud yang tentu dapat mengoptimalkan pekerjaan kita

Sinkronisasi data

Dengan menyimpan data dalam media cloud, mobilitas data menjadi sangat tinggi. Data kita dapat diakses di berbagai tempat dan perangkat. Data yang tersimpan juga relatif aman sehingga kita tidak perlu khawatir jika kita kehilangan data.

Backup data

Backup adalah kebutuhan penting untuk kalian yang sering beraktivitas dengan banyak data. Backup data dapat juga dilakukan secara konvensional seperti menggunakan hard disk, flash drive, CD/DVD, atau kartu memori.

Namun cara seperti ini cukup rentan karena perangkat tersebut mudah rusak atau hilang. Dengan adanya media cloud, data kita menjadi lebih aman dan mudah diakses cukup dengan koneksi internet.

Mobilitas tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, data dalam media cloud menjadi lebih mudah diakses. Jika tidak ada PC atau laptop, data dapat diakses dengan menggunakan ponsel pintar. Data juga dapat diedit bersama sehingga sinkronisasi menjadi lebih optimal. Inilah salah satu keuntungan menggunakan handphone.

Alat Bantu Presentasi

Alat Bantu Presentasi
Alat Bantu Presentasi

Pernahkah kalian melakukan presentasi sendirian di depan ? Agak ribet jika harus presentasi sambil mengoperasikan laptop ? Kini telah banyak aplikasi yang dapat membantu kalian untuk presentasi dengan mudah. Aplikasi tersebut dapat menghubungkan smartphone dengan laptop sehingga kalian cukup menggunakannya untuk mengganti atau memberikan highlight pada slide.

Teknologi Mobile yang Terus Berkembang

Handphone terus mengalami perkembangan teknologi yang pesat. Inovasi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), pemrosesan bahasa alami (natural language processing/NLP), dan pengenalan wajah (facial recognition) telah memperluas kemampuan handphone.

Kalian dapat menggunakan asisten virtual yang dilengkapi dengan teknologi NLP untuk mencari informasi, mengatur pengingat, dan menjalankan perintah dengan suara kalian.

Dengan manfaat dan kegunaannya yang beragam, handphone telah menjadi perangkat yang tak tergantikan dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan handphone dengan bijak dan memanfaatkannya secara optimal akan membantu kalian tetap terhubung, terinformasi, dan produktif.

Itulah beberapa manfaat dan kegunaan handphone yang belum banyak digunakan. Kalian yang sering menggunakan ponsel pintar dapat share manfaatnya yang lain pada kotak komentar di bawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba...

Baca juga artikel lainnya :

Mau pasang iklan di sini?
Mau pasang iklan di sini?
LihatTutupKomentar
Mau pasang iklan di sini?