Ampuh! 5 Cara Mengatasi Micro SD Tidak Terbaca

Mau pasang iklan di sini?
Ampuh! 5 Cara Mengatasi Micro SD Tidak Terbaca

Saat ini, handphone atau smartphone Android dibekali penyimpanan (storage) dengan kapasitas yang cukup besar. Sebab, berbagai informasi seperti gambar, foto, maupun video bahkan aplikasi game mobile terbaru seringkali memakan banyak ruang penyimpanan.

Oleh karena itu, beberapa produk handphone Android juga memiliki slot khusus untuk penyimpanan tambahan. Umumnya, media penyimpanan tersebut berupa kartu jenis Micro SD. Tujuannya, agar pengguna dapat menambahkan penyimpanan eksternal dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan.

Beberapa kasus menyebutkan jika pengguna handphone Android mengalami kartu Micro SD mereka tidak terdeteksi atau terbaca oleh sistem. Bahkan, kartu Micro SD tersebut juga tidak terdeteksi saat dipasang pada handphone lain atau lewat card reader.

Cara Mengatasi Micro SD Tidak Terbaca di HP Android

Ketika kartu Micro SD tidak terdeteksi oleh sistem Android, biasanya akan keluar pesan "SD card not inserted", "Card ejected", atau "SD card not detected". Jika tidak terbaca oleh sistem, kartu Micro SD tersebut sudah pasti tidak akan muncul pada aplikasi Gallery atau File Manager. Kenapa kartu memori tidak terbaca di HP?

Penyebab kartu Micro SD tidak terbaca dan tidak terdeteksi

  • Konektor pada fisik Micro SD card kotor
  • Slot card reader bermasalah
  • Kerusakan pada kartu Micro SD
  • dan lainnya

Ya, kejadian semacam ini pasti akan membuat kesal pengguna handphone tersebut. Apalagi jika Micro SD tersebut berisi data dan informasi penting.

Penggunaan media penyimpanan tambahan seperti Micro SD ini sebetulnya cukup penting. Terutama untuk menyimpan data pribadi pengguna seperti dokumen, foto, video, dan lainnya. Sebetulnya, Micro SD card juga bisa digunakan untuk menyimpan data milik aplikasi.

Pada kasus tertentu, memindahkan data aplikasi ke memori eksternal seperti Micro SD juga bisa dilakukan untuk mencegah habisnya ruang memori penyimpanan internal. Ini berguna bagi smartphone yang punya kapasitas memori internal terbatas.

Pemisahan data sistem/aplikasi dan data milik pengguna akan berguna jika suatu saat terjadi masalah pada smartphone. Data pengguna yang disimpan dalam penyimpanan eksternal lebih mudah diselamatkan ketimbang saat tercampur dalam penyimpanan internal.

Sebaliknya, jika kartu Micro SD mengalami kerusakan maka data di dalamnya berpotensi tidak akan bisa diakses. Bahkan mungkin akan hilang selamanya.

Bagaimana cara mengatasi kartu SD yang tidak terbaca di HP? Berikut ini Mobile Jempol bagikan beberapa langkah-langkah atau cara mengatasi Micro SD tidak terbaca di HP Android atau laptop.

Restart handphone Android

Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca di HP dan PC yaitu melakukan restart. Dengan melakukan restart, semua beban yang menghambat akan dihilangkan dan sistem akan "segar" kembali.

Tidak hanya handphone, tapi juga smartphone, tablet, atau bahkan laptop lemot jika direstart maka performanya akan kembali sedikit lebih kencang. Restart juga ampuh untuk mengatasi handphone yang terasa panas.

Suhu yang panas pada handphone bisa jadi menyebabkan kartu Micro SD tidak dapat bekerja dengan normal. Seperti komponen elektronik lainnya, kartu Micro SD juga cukup sensitif dengan temperatur tinggi.

Untuk merestart handphone, kamu cukup menekan tombol power selama beberapa saat kemudian pilih menu restart (atau mulai ulang). Jika kondisinya normal, merestart handphone harusnya bisa menyelesaikan masalah kartu Micro SD tidak terdeteksi.

Periksa posisi kartu Micro SD

Bagaimana cara memperbaiki kartu SD yang rusak? Pemasangan yang salah bisa mengakibatkan kartu Micro SD menjadi tidak terbaca. Ternyata, banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Silahkan cek kembali pemasangan kartu Micro SD pada handphone kalian. Pastikan tidak terjadi hal-hal seperti berikut 

  • Posisi Kartu Micro SD tidak sempurna atau miring 
  • Pengunci Micro SD dalam posisi terbuka
  • Kartu Micro SD bengkok

Jika mengalami masalah tersebut, segera lakukan pemasangan ulang Micro SD card ke posisi yang benar. Jangan lupa untuk mematikan handphone terlebih dulu.

Bersihkan pin konektor pada kartu Micro SD

Cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca sama sekali berikutnya adalah kalian dapat melakukan pembersihan pada pin konektor kartu Micro SD. Pin ini yang menghubungkan Micro SD dengan slot penyimpanan pada smartphone Android. Jika pin tersebut mengalami kendala, akan menyebabkan terganggunya koneksi antara Micro SD dan sistem smartphone.

Untuk membersihkan pin konektor, kalian dapat menggunakan penghapus karet. Caranya juga sangat mudah, tinggal usap pin konektor dengan penghapus tadi hingga bekas kotoran yang menempel hilang atau berkurang.

Cek Micro SD card lewat handphone Android lainnya

Cara memperbaiki Micro SD card yang tidak terbaca lainnya yaitu kalian dapat memeriksanya pada smartphone Android lainnya. Tentu saja, smartphone tersebut juga harus memiliki slot untuk kartu Micro SD.

Hal ini bertujuan untuk memastikan kinerja kartu Micro SD yang bermasalah. Jika kartu Micro SD bisa terdeteksi pada handphone lain, kemungkinan ada masalah dengan handphone sebelumnya. Apabila ternyata Micro SD card tidak terdeteksi pada handphone lain, bisa jadi telah mengalami kerusakan.

Cek kartu Micro SD lewat komputer/laptop

Selain lewat handphone lain, kalian juga dapat memeriksa kartu Micro SD tersebut pada komputer laptop. Syaratnya, kalian harus punya Micro SD/SD card adaptor dan perangkat Card reader. Biasanya, adaptor kartu Micro SD sudah disertakan pada paket penjualannya.

Card reader juga banyak ditemukan pada laptop modern yang digunakan untuk dapat mengenali kartu eksternal seperti Micro SD via adaptor. Ada juga produk perangkat Card reader yang dapat mengakses kartu Micro SD secara langsung tanpa adaptor.

Jika kartu Micro SD masih bisa terdeteksi pada laptop/komputer, artinya masih bisa digunakan. Apabila ternyata kartu Micro SD tidak terbaca di laptop, bisa jadi kartu Micro SD tersebut telah mengalami kerusakan.

Kartu Micro SD yang benar-benar sudah rusak sebaiknya diganti dengan kartu yang baru.

Jangan lupakan backup data

Seperti penjelasan sebelumnya, data dalam kartu Micro SD yang rusak bisa dipastikan tidak akan dapat dibuka. Inilah pentingnya melakukan backup data. Saat data mengalami kerusakan atau bahkan hilang, masih ada data cadangan yang bisa dimanfaatkan.

Di sini, kalian bisa menggunakan perangkat penyimpanan eksternal lain seperti flash drive atau hard disk/SSD eksternal. Bisa juga menggunakan layanan penyimpanan data secara online seperti online storage atau cloud backup. Diantaranya yaitu Google Drive, Dropbox, iCloud, dll.

Dengan layanan tersebut, data-data pribadi yang tersimpan dapat diakses dengan mudah dari berbagai tempat atau melalui berbagai perangkat. Kalian akan mendapatkan ruang penyimpanan tambahan dengan kapasitas yang lebih besar dan bahkan tanpa dikenai biaya (gratis).

Saat ini, akses internet sudah semakin mudah dan merata. Penggunaan cloud storage bisa menjadi pilihan yang menarik. Cloud storage dianggap dapat memberikan fungsi distribusi data dan konten digital dengan cepat, mudah, dan terjangkau.

Jadi, apakah kartu Micro SD kalian pernah tidak terbaca/terdeteksi ? Langkah-langkah dan cara mengatasi Micro SD tidak terbaca di atas mungkin bisa jadi jalan keluarnya. Oh ya, untuk mengantisipasi sebelum kartu Micro SD tiba-tiba tidak terdeteksi yaitu rutin melakukan backup data-data penting.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga membantu...

Baca juga artikel lainnya :

Mau pasang iklan di sini?
Mau pasang iklan di sini?
LihatTutupKomentar
Mau pasang iklan di sini?