4 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Mau pasang iklan di sini?
4 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam - Smartphone, tablet, atau handphone Android juga sama seperti perangkat mobile lainnya yang menggunakan baterai supaya dapat menyala dan bisa kalian gunakan dengan semestinya. Kalian juga harus melakukan cas/charge atau dilakukan pengisian ulang pada baterai tersebut jika dayanya akan habis.

Dalam kondisi normal, proses charging akan mengisi daya baterai handphone sesuai kapasitasnya. Sebaliknya, baterai handphone Android mungkin tidak dapat diisi ulang dan terisi daya. Malahan, mungkin proses charging tidak dapat kalian lakukan.

Kegagalan proses pengisian daya ulang baterai merupakan masalah serius. Artinya, HP dicas tapi tidak mengisi sehingga baterai tidak mendapatkan daya listrik untuk dapat menyalakan komponennya. Akibatnya, kalian tak bisa menggunakan handphone dengan normal.

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam

Penyebab HP tidak bisa dicas

Kenapa HP tidak bisa dicas ? Kasus handphone atau smartphone Android yang tidak dapat mengisi daya ulang umumnya karena ada beberapa hal. Misalnya penyebab HP tidak bisa di cas seperti

  • Baterai yang mengalami kerusakan
  • Kabel cas/charger tidak berfungsi
  • Masalah pada adaptor daya
  • Software atau firmware Android yang error
  • Kendala pada komponen power regulator

Seperti yang kita tahu, daya listrik adalah "nyawa" dari sebuah perangkat elektronik, termasuk handphone atau smartphone. Jika tidak mendapatkan daya listrik, sudah pasti handphone Android tidak akan bisa menyala dengan normal. Pun, kemungkinan justru tak akan bisa menyala sama sekali.

Berikut ini beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam khususnya pada handphone Android atau iPhone.

Cek indikator pengecasan baterai

Hampir semua produk elektronik yang menggunakan baterai pasti memiliki indikator proses charging. Tujuannya adalah untuk mengontrol jalannya proses pengisian daya. Apabila indikator tersebut menyala, berarti tandanya proses charging berjalan dengan semestinya.

Begitu pula dengan ponsel/smartphone Android. Saat proses charging baterai, akan muncul notifikasi pada layar jika proses pengisian daya sedang berjalan. Biasanya ditandai dengan tampilan presentase kapasitas daya baterai.

Sebaliknya, jika handphone Android tidak dapat terisi daya, notifikasi charging umumnya tak akan muncul. Ketika baterai Android bermasalah biasanya indikator proses charging yang berjalan juga tak menyala sama sekali. Bahkan, notifikasi pengisian daya hanya menunjukkan tanda "0 %"

Ganti baterai HP Android baru

Salah satu penyebab utama dan biasa terjadi dikala HP tidak bisa dicharge adalah kerusakan pada baterai. Seiring pemakaian handphone, usia baterainya juga sedikit demi sedikit akan semakin berkurang. Biasanya, kapasitas daya yang mulai habis menjadi salah satu penyebab kerusakan baterai.

Umur baterai handphone Android umumnya tergantung pada cara penggunaan. Semakin berat penggunaannya, usia baterai mungkin akan jadi pendek. Sebaliknya, baterai handphone Android bisa jadi lebih tahan lama saat penggunaannya tidak terlalu berat dan lebih wajar.

Mengganti dengan baterai baru mungkin bisa menjadi salah satu cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Tentu saja, baterai tersebut mesti cocok dengan handphone Android yang kalian pakai. Setidaknya, baterai tersebut memiliki spesifikasi teknis yang sama persis atau serupa dengan baterai lama. Hal ini harus kalian perhatikan guna mencegah resiko ganti baterai tanam pada HP.

Pada sebagian produk handphone Android masih mengaplikasikan jenis baterai removable. Tipe baterai seperti ini lebih gampang untuk kalian lepas-pasang atau diganti khususnya bagi pengguna biasa. Kalau handphone memakai tipe baterai semacam ini, kalian cukup membeli baterai baru yang sama kemudian memasangnya. Setelah itu, lakukan tips setelah ganti baterai baru.

Kini, banyak juga handphone Android yang menggunakan baterai varian non-removable atau baterai tanam. Varian baterai ini cukup susah dilepas-pasang apalagi diganti. Untuk mengganti baterai dengan jenis non-removable, kalian wajib membawa handphone ke service center atau teknisi yang terpercaya.

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam : Ganti kabel charger/power adapter baru

Kabel charger atau adaptor daya yang rusak bisa mengakibatkan handphone Android tidak bisa menjalankan pengisiaan daya ulang. Seperti kita ketahui, power adapter atau kabel charger adalah salah satu perangkat penting yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari colokan (sumber daya listrik) ke handphone (atau ke dalam baterai).

Bukan hanya mengalirkan saja, melainkan juga merubah voltase tinggi menjadi tegangan atau daya yang bisa diterima oleh komponen hardware handphone (termasuk baterai). Bila mengalami kendala, bukan cuma charger tidak mengisi. Bahkan, bisa jadi akan merusak komponen hardware dalam handphone Android itu sendiri.

Sebenarnya, kasus power adaptor atau kabel charger yang bermasalah sangat jarang terjadi, tidak seperti kerusakan pada baterai handphone. Selama tegangan atau arus listrik yang pada tempat tersebut masih stabil atau tidak sering naik turun, kerusakan perangkat ini harusnya tidak akan terjadi.

Sekalipun kabel charger atau power adaptor mengalami kerusakan, penggantiannya relatif sangat mudah. Kalian tinggal beli baru atau meminjam kabel charger atau adaptor daya milik orang lain yang cocok dengan power adaptor sebelumnya. Ini juga bisa menjadi solusi cara mengatasi pengisian baterai HP yang lama.

Memperbaiki komponen power regulator

Kerusakan pada komponen power regulator terutama pada handphone Android sebenarnya cukup jarang terjadi. Seandainya power regulator mengalami kerusakan, rupanya cukup beresiko tinggi. Contohnya, HP dicas tapi tidak mengisi daya, HP tidak dapat menyala, sampai kerusakan hardware secara permanen.

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam akibat kerusakan pada power regulator adalah dengan membawa handphone ke service center terdekat, teknisi resmi, atau ahli reparasi yang terpercaya. Kasus seperti ini tentu tak akan bisa diselesaikan oleh pengguna awam.

Handphone Android yang tidak dapat dicas ulang juga dapat disebabkan adanya error pada software atau firmware OS Android. Cara mengatasinya juga sama, yaitu membawa handphone tersebut pada service center resmi atau teknisi ahli reparasi yang terpercaya. Nantinya, handphone Android tersebut akan dilakukan flashing firmware atau biasa dikenal dengan istilah instal ulang OS Android.

Itulah beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Cara di atas juga dapat kalian terapkan pada perangkat iPhone atau perangkat tablet Android dengan berbagai merk/brand. Selamat mencoba dan semoga membantu..

Baca juga artikel lainnya :

Mau pasang iklan di sini?
Mau pasang iklan di sini?
LihatTutupKomentar
Mau pasang iklan di sini?